RAKYAT NEWS, Sultra – QRIS Bank BTN telah dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara, terbukti dengan keikutsertaan puluhan UMKM dalam Kompetisi Tingkat Nasional PTQ RRI ke-53 Tahun 2023, di Monumen Religi Kesatuan Kendari Kota, Sulawesi Tenggara.

Branch Manager Bank BTN Cabang Kendari Astaufiq
Branch Manager Bank BTN Cabang Kendari Astaufiq

Acara nasional tahunan oleh Lembaga Penyiaran Publik RRI ini akan berlangsung dari tanggal 1 April hingga 6 April 2023, dan akan dihadiri oleh delegasi dari seluruh Satker RRI di seluruh Indonesia.

Branch Manager Bank BTN Cabang Kendari Astaufiq mengatakan, penggunaan QRIS Bank BTN oleh UMKM merupakan langkah positif menuju ekonomi yang lebih digital dan cashless, mempermudah transaksi dan membantu mendorong pertumbuhan bisnis tersebut. Keikutsertaan UMKM dalam event nasional ini menyoroti pentingnya mendukung dan mendorong pertumbuhan para pelaku ekonomi vital tersebut.

 

Astaufiq membeberkan, dalam event nasional tersebut sebanyak 80 UMKM telah memanfaatkan layanan QRIS Bank BTN untuk mempercepat proses transaksi. Kata dia, QRIS Bank BTN menjadi solusi bagi UMKM untuk mempercepat transaksi pembelian produk-produk mereka. Dengan menggunakan QRIS Bank BTN, tidak hanya mempercepat proses transaksi, tetapi juga meminimalkan risiko kesalahan penghitungan uang dan memudahkan UMKM melakukan transaksi secara cashless.

 

QRIS merupakan layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan pelanggan melakukan transaksi secara cashless atau nontunai menggunakan aplikasi mobile banking. Dengan memanfaatkan QRIS Bank BTN, UMKM dapat mempercepat proses transaksi dan mengurangi resiko kehilangan uang atau uang palsu.

 

Selain itu, Astaufiq mengatakan, layanan ini juga dapat membantu UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha mereka. Dengan semakin banyaknya UMKM yang menggunakan layanan QRIS Bank BTN, diharapkan dapat membantu memperkuat peran UMKM sebagai motor penggerak perekonomian nasional dan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.