Kendari – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi yang berlaku mulai 6 Mei 2022 sampai beberapa hari mendatang di Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam laporan itu, BMKG merilis 10 daerah berpotensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang terjadi pada hari Jumat (6/5).

Beberapa daerah itu yakni Kabupaten Wakatobi, Buton Utara, Muna, Muna Barat, Bombana, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, dan Kolaka.

Baca Juga: Niat Pantau Hilal, Kakanwil Kemenag Sultra Kecelakaan Hingga Patah Tulang

Selanjutnya, Sabtu (7/5/2022) potensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang terjadi di 8 daerah berbeda yakni Kabupaten Wakatobi, Buton Utara, Muna, Muna Barat, Konawe Selatan, Konawe, Kolaka Timur dan Kota Kendari.

Pada Minggu (8/5/2022), potensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang terjadi di 10 daerah berbeda yakni Kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Kolaka Timur, Kolaka, Bombana, Buton Utara, Muna Barat, Wakatobi, Buton Selatan, dan Kota Kendari.

Pada Senin (9/5/2022) potensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang terjadi di 10 daerah yakni Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Bombana, Muna, Konawe Kepulauan, dan Kota Kendari.

Baca Juga: 2 Wilayah di Sultra yang Lolos ADWI 2022 Bakal Dikunjungi Sandiaga Uno

Pada Selasa (10/5/2022) potensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang terjadi di 8 daerah berbeda yakni Kabupaten Kolaka Utara, Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Buton Utara, Muna Barat, dan Kota Kendari.

Pada Rabu (11/5/2022) potensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang terjadi di 4 daerah berbeda yakni Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan, Buton Utara, dan Kota Kendari.

Waspada Gelombang Tinggi

Gelombang tinggi lebih dari 1,25 – 2,5 meter atau kategori sedang juga berpeluang terjadi di sebelas titik di Sultra yakni, perairan Manui Kendari bagian Timur, laut Banda Timur Sultra bagian utara, laut Banda Timur Sultra bagian barat, laut Banda Timur Sultra bagian timur, laut Banda Timur Sultra bagian selatan, perairan Baubau bagian utara, perairan Baubau bagian selatan, perairan Utara Wakatobi bagian timur, perairan Utara Wakatobi bagian barat, perairan Selatan Wakatobi bagian barat, dan perairan Selatan Wakatobi bagian timur.