Jakarta – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, baru saja menggelar pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Jakarta, Jumat (22/04/2022)

Gubernur Ali Mazi dalam kunjungan kali ini, ditemani langsung oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Dr. Surya Tjandra, SH., LL.M.

Tidak banyak hal dapat diperoleh dari kunjungan tersebut. Hanya saja dari informasi yang diperoleh, disebutkan bahwa Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo akan menghadiri pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 yang akan digelar di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Hadiri Talkshow BRIDA, Ali Mazi Bahas Percepatan Daya Saing Inovasi Daerah

“Alhamdullillah, kita telah memastikan kedatangan presiden di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Bersama Wamen ATR/BPN tadi sudah dipastikan tanggal 8 – 10 Juni tidak bertabrakan dengan jadwal yang ada di kepresidenan. Mudah-mudahan ya, presiden akan hadir di Sultra. Sebab ini gaungnya bukan hanya Nasional tapi International,” kata Gubernur Ali Mazi.

Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra mengatakan bahwa mereka kian semangat. Persiapan Kementerian ATR/BPN yang telah berlangsung sekian lama ini mampu terwujudkan, dan harapannya nanti di sana Presiden Joko Widodo akan membuka GTRA Summit 2022.

“Nanti kita akan pula membahas isu tentang bagaimana penghormatan terhadap Masyarakat Adat, masyarakat laut, Suku Laut/Bajau yang tinggal di sana, ini juga bisa memberikan dorongan untuk pariwasata/Wakatobi yang 2 tahun terhenti akibat Pandemi Corona, sekarang bisa jadi kick off untuk terbuka lagi. Barangkali kalau nanti ada pada saat GTRA Summit 2022 bisa mempresentasikan hasil PITTI (Peta Indikatif Tumpang Tindih IGT) di Sultra,” kata Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra yang berharap kegiatan tersebut akan menemukan solusi persoalan-persoalan terkait tumpang tindih perizinan.