Jakarta – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., menghadiri acara Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA dan mengisi Talkshow BRIDA untuk Percepatan dan Daya Saing Inovasi Daerah, Sharing Best Practices (Kesaksian dan Pengalaman), di Jakarta, Rabu (20/04/2022).

Turut bersama Gubernur Ali Mazi, antara lain Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. Sulawesi Tenggara Dra. Hj. Isma, M.Si., dan para staf ahli Gubernur Sultra. Selain itu, ada 33 gubernur dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dari masing-masing daerah.

Selain Gubernur Ali Mazi, ikut berbicara pada acara talkshow BRIDA antara lain, yaitu Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si., Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, MM., Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, MIP., Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi, Anggota Dewan Pengarah Ir. Tri Mumpuni dan dimoderatori oleh Ketua Tim Transisi BRIN, Prakoso Bhairawa Putera, S.IP., MA.

Baca Juga: Ali Mazi Resmi Buka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2022

Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) merupakan entitas baru, unit di bawah Pemerintah Daerah. Pembentukan dan programnya dikoordinasikan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kehadiran BRIDA diharapkan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi, organisator, dan kolaborator untuk memecahkan permasalahan berbasis riset.

Saat ini ada beberapa daerah yang sudah atau sedang melakukan proses membentuk BRIDA, antara lain Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Gelar Buka Puasa Bareng PT Antam

Hingga akhir tahun 2022 ini setidaknya ada 50 BRIDA yang ditargetkan terbentuk di seluruh wilayah Indonesia. Dukungan BRIN dan Pengalaman para kepala daerah dalam membentuk BRIDA.