Kendari – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., membuka Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan Golongan II Lingkup Pemprov, Kabupaten, dan Kota se-Sulawesi Tenggara Tahun 2022, di Ruang Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Kendari (19/04/2022).

Hadir antara lain, Plt. Sekretaris Daerah Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Sulawesi Tenggara Dra. Yuni Nurmalawati, M.Si., Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Dra. Zanuriah, M.Si., dan Koordinator Widyaiswara Sulawesi Tenggara.

Penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk menunjang jalannya kegiatan pemerintahan, pelaksanaan kebijakan atau program pembangunan, dan pelayanan publik, serta merespon berbagai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat berkembang.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Gelar Buka Puasa Bareng PT Antam

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur pemerintahan, memiliki peran yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan negara, apalagi untuk negara kita yang wilayahnya sangat luas dan memiliki potensi serta peluang yang sangat besar termasuk Provinsi Sulawesi Tenggara, sehingga diperlukan kemampuan yang memadai dari para penyelenggara negara termasuk PNS karena sejumlah keputusan strategis mulai dari perumusan kebijakan, implementasi serta pelaksanaan program dan kegiatan dalam berbagai sektor pembangunan dilaksanakan oleh PNS.

Pelatihan Dasar CPNS merupakan media awal pembinaan untuk membentuk PNS yang berakhlak (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif) sebagai pelayan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, seperti yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia bahwa seorangg ASN harus mempunyai core value dan employed branding yakni bangga melayani bangsa.